Javascript & Node.js

Kembali ke Javascript!. Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan pemrograman asinkron bisa lebih mudah dengan memakai pendekatan contoh kode. Perhatikan kode Javascript pada Node.js berikut

var fs = require('fs');
fs.readFile('./resource.json',function(err, data){
if(err) throw err;
console.log(JSON.parse(data));
});
console.log('Selanjutnya...');

fungsi readFile() akan membaca membaca isi dari file resource.json secara asinkron yang artinya proses eksekusi program tidak akan menunggu pembacaan file resource.json sampai selesai tetapi program akan tetap menjalankan kode Javascript selanjutnya yaitu console.log('Selanjutnya...'). Sekarng lihat apa yang terjadi jika kode javascript diatas dijalankan

belajar-asinkron-nodejs

Jika proses pembacaan file resource.json selesai maka fungsi callback pada readFile() akan di jalankan dan hasilnya akan ditampilkan pada console. Yah, fungsi callback merupakan konsep yang penting dalam proses I/O yang asinkron karena melalui fungsi callback ini data data yang dikembalikan oleh proses I/O akan di proses.

Lalu bagaimana platform Node.js mengetahui kalau suatu proses itu telah selesai atau tidak ?...jawabannya adalah Event Loop. Event - event yang terjadi karena proses asinkron seperti pada fungsi fs.readFile() akan ditangani oleh yang namanya Event Loop ini.

Campuran teknologi antara event driven dan proses asinkron ini memungkinkan pembuatan aplikasi dengan penggunaan data secara masif dan real-time. Sifat komunikasi Node.js I/O yang ringan dan bisa menangani user secara bersamaan dalam jumlah relatif besar tetapi tetap menjaga state dari koneksi supaya tetap terbuka dan dengan penggunaan memori yang cukup kecil memungkinkan pengembangan aplikasi dengan penggunaan data yang besar dan kolaboratif...Yeah, Node.js FTW! :metal: